Selasa, 25/06/2024 09:44 WIB

World Water Forum 2024, Intip 5 Wisata Air "Perawan" di Bali

Menjelang World Water Forum 2024, berikut ini rekomendasi lima wisata air yang jarang dikunjungi orang saat berlibur ke Bali.

Wisata air terjun di Bali (Foto: Unsplash/Filippo Cesarini)

Balimemo.com - Bali terpilih sebagai tuan rumah ajang internasional bergengsi, yakni World Water Forum (WWF), yang akan berlangsung pada 18-25 Mei 2024 mendatang. Event ini akan menghadirkan lebih dari 50 parlemen negara di seluruh dunia.

Terdapat empat hal yang akan menjadi perhatian utama World Water Forum 2024, yaitu konservasi air (water conservation), air bersih dan sanitasi (clean water and sanitation), ketahanan pangan dan energi (food and energy security), serta mitigasi bencana alam (mitigation of natural disasters).

Bicara tentang air, Bali merupakan destinasi pariwisata favorit yang dikenal seantero dunia dengan wisata airnya. Siapa yang tak tahu Pantai Kuta, Pantai Jimbaran, hingga Pantai Canggu? Ketiga pantai itu kerap menjadi salah satu tujuan ketika berlibur ke Pulau Dewata.

Namun, di antara sederet wisata air yang `mainstream` dikunjungi saat di Bali, masih banyak wisata air jarang diketahui orang yang tetap layak dicoba. Apalagi, keindahan yang ditawarkan pun memiliki ciri khas yang membuat kamu ingin berlama-lama di sana.

Berikut ini, lima wisata air yang masih `perawan` di Bali:

1. Hidden Canyon Beji Guwang

Nama obyek wisata yang masih terasa asing ini terletak di Desa Guwang, Sukawati, Gianyar, Bali. Berjarak 29 kilometer dari Bandara Ngurah Rai, Hidden Canyon Beji Guwang dapat ditempuh dalam waktu kurang dari satu jam.

Hidden Canyon Beji Guwang berbentuk ngarai yang disakralkan oleh penduduk setempat. Hal yang membuatnya istimewa ialah aliran sungai yang diapit oleh dua tebing tinggi, bak Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat.

2. Air Terjun Tukad Cepung

Berlokasi di Desa Penida Kelod, Tembuku, Kabupaten Bangli, wisata yang satu itu memang layak menyandang gelar istimewa. Bagaimana tidak, Air Terjun Tukad Cepung akan memikat hati wisatawan dengan pemandangan air terjun yang mengalir dari atas lubang goa.

Adapun letak air terjun ini berada persis di dalam canyon yang diapit tebing bebatuan, sehingga untuk menikmati Air Terjun Tukad Cepung setinggi 15 meter ini kamu harus memasuki goa terlebih dahulu.

3. Pantai Lumangan

Nusa Penida menjadi salah satu destinasi wisata di Bali. Namun, tak banyak orang mengenal Pantai Lumangan, yang berlokasi di Desa Bungamekar.

Di pantai ini, kamu dapat menikmati pemandangan eksotis dari atas bukit. Hamparan batu karang dan pasir putih menambah keindahan rupanya. Belum lagi terowongan dan goa yang disapu oleh ombak pada saat-saat tertentu.

4. Pantai Bias Tugel

Dalam bahasa Bali, `bias` artinya pasir, sedangkan `tugel` bermakna potongan. Seperti namanya, Pantai Bias Tugel memiliki pemandangan yang menakjubkan dengan gradasi warna biru, disertai pasir berwarna putih dan sedikit bercampur hitam.

Pantai ini berlokasi di dekat Pelabuhan Padang Bai, Kabupaten Karangasem, atau 56,4 kilometer dari Bandara Ngurah Rai dengan waktu perjalanan sekitar satu jam 15 menit. Karena lokasinya dekat dengan pelabuhan, kamu juga bisa menikmati lalu-lalang kapal.

5. Virgin Beach Karangasem

Seperti namanya, Virgin Beach atau Pantai Perawan memang tak banyak menjadi destinasi wisatawan saat berlibur ke Bali. Sebab, belum banyak orang mengetahui pantai indah yang berlokasi di Desa Bugbug, Kabupaten Karangasem ini.

Dengan nuansa pasir putih dan laut gradasi hijau kebiru-biruan, pantai ini bisa menjadi salah satu pilihanmu ketika datang ke Pulau Dewata. Lokasinya juga dekat dengan Taman Ujung Karangasem, taman yang sering digunakan untuk membuat foto pre wedding di Bali.

TAGS : World Water Forum Wisata Air Bali




TERPOPULER :