Selasa, 25/06/2024 09:03 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Bali Duduki Peringkat keenam dari 34 Provinsi

Pertumbuhan ekonomi di Bali menduduki peringkat keenam dari 34 provinsi di Indonesia.

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (Foto: Unsplash/Joachim Schnurle)

Balimemo.com - Pertumbuhan ekonomi di Bali menduduki peringkat keenam dari 34 provinsi di Indonesia.

Hal ini disebabkan perekonomian Bali pada Triwulan IV mengalami pertumbuhan sebesar 5,86 year on year (yoy) dibandingkan sebelumnya sebesar 5,36.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali G.A. Diah Utari mengatakan, menguatnya pertumbuhan ekonomi Bali didorong dan didominasi sektor pariwisata,

"Kalau kita bandingkan per sektor, sektor yang terkait dengan pariwisata seperti akmamin, transportasi, perdagangan, ini mencatat pertumbuhan yang cukup tinggi," kata Diah Utari, pada Senin (18/3), di Bali.

Lebih lanjut, menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali, Erwin Suryadimaja, sektor investasi memberikan daya dorong pertumbuhan ekonomi, tak terkecuali bidang pariwisata.

"Seperti jasa, hotel, restoran, rumah sakit, dan kehadiran penanaman modal asing ini juga mendorong (pertumbuhan ekonomi Bali)," imbuh dia.

Erwin melanjutkan, peningkatan sektor jasa dapat membuka lapangan pekerjaan baru yang akan mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Jadi, kami harapkan (pertumbuhan ekonomi Bali) masih lebih tinggi dibandingkan target pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,5% hingga 5,7%," pungkas dia.

 

 

TAGS : Bali Pertumbuhan Ekonomi Ekonomi Pariwisata




TERPOPULER :