Jum'at, 26/07/2024 01:24 WIB

Tips Belajar Surfing Untuk Pemula di Bali

Perlu Anda ketahui bahwa surfing bukanlah olahraga yang bisa dikuasai dalam waktu satu hari. Melainkan butuh usaha yang konsekuen dan kesabaran untuk bisa menguasai papan dan gemuruh ombak.

Seseorang sedang berselancar (Foto: Unsplash/Thomas Ashlock)

Balimemo.com - Bali memiliki banyak spot pantai untuk para pencinta surfing, mulai dari pemula hingga yang profesional. Bagi Anda yang tertarik dan ingin mencoba belajar untuk berselancar, Pantai di Bali sangat cocok terutama bagi Anda yang baru ingin belajar untuk berselancar.

Perlu Anda ketahui bahwa surfing bukanlah olahraga yang bisa dikuasai dalam waktu satu hari. Melainkan butuh usaha yang konsekuen dan kesabaran untuk bisa menguasai papan dan gemuruh ombak. Satu yang pasti, setelah Anda mulai bisa berdiri di atas papan, disitulah Anda akan lebih tertantang untuk melakukan surfing lagi dan lagi.

Sebelum memulai surfing, Anda perlu memperhatikan tips dan langkah-langkahnya agar Anda tidak termasuk ke dalam surfer yang mencoba satu kali langsung menyerah, simak berikut ini.

1. Didampingi oleh pelatih

Bagi yang belum pernah melakukan surfing memang perlu didampingi oleh pelatih berpengalaman. Mereka tidak hanya mengajarkan cara berselancar, tapi juga akan memberi tahu bagaimana menjaga keselamatan Anda selama berselancar. Para pelatih akan mengajari Anda bagaimana langkah-langkah yang tepat dilakukan ketika berselancar. Para pelatih atau pendamping bisa dengan mudah Anda temui di lokasi penyewaan papan selancar yang ada di sekitar pantai.

2. Perhatikan arah ombak Laut

Perlu diketahui bahwa surfing termasuk dalam list olahraga tersulit di dunia. Oleh karena itu, banyak hal harus diperhatikan sebelum melakukannya. Salah satunya mempelajari ombak lautnya, dari mana arah angin dan pasang surut laut. Dengan mengenali ombak di tempatmu berselancar, akan memudahkanmu mengendalikan papan selancar dan teknik berselancar terutama bagi pemula.

3. Memilih ombak yang tidak terlalu ekstrem

Untuk peselancar pemula, sebaiknya berselancar lah di dekat pantai yang ombaknya tidak terlalu menantang. Hal ini sangat penting bagi peselancar pemula. Belajarlah berselancar di beberapa ombak yang lebih kecil untuk memulai sebelum Anda mencoba yang lebih deras. Selain memudahkan, juga sekaligus menetralisir risiko jatuh akibat terjangan kekuatan ombak.

4. Gunakan peralatan selancar yang pas

Menyangkut papan selancar dan perlengkapan, penting untuk mendapatkan sesuatu yang sesuai dengan kemampuan dan kenyamanan Anda. Tentu Anda bisa pergi dan membeli beberapa perlengkapan selancar di tokohnya secara langsung seperti pakaian selam, sepatu boot, hoodies, sarung tangan, dan wax. Setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda terhadap ukuran dan volume papan. Perlengkapan terkait seperti sirip, tali pengikat, dan tas pelindung harus sesuai dengan papan. Dengan begitu Anda bisa menghasilkan kemajuan lebih cepat.

5. Gunakan papan tebal dan ujung tumpul

Untuk pemula, disarankan memilih papan yang tebal dan berujung tumpul. Mengapa demikian, hal itu dapat mengurangi potensi terjadinya tenggelam karena ketebalan papannya mampu menopang tubuh. Berbeda dengan papan yang kecil, ringan dan berujung lancip memang terlihat lebih menarik untuk digunakan. Namun papan jenis ini ternyata hanya diperuntukkan untuk mereka yang sudah mahir. Papan yang kecil meskipun ringan, lebih mudah tenggelam jika digunakan bagi pemula.

6. Tekuk lutut

Ketika hendak melakukan surfing, sangat penting untuk menekuk lutut bukan punggung, saat Anda akan melepaskan ombak untuk meredam guncangan. Membungkuk dari punggung, Anda akan kehilangan keseimbangan dan memiliki sedikit kendali. Menekuk lutut, dapat lebih memudahkan untuk bercengkrama lebih lama dengan gerak-gerik ombak.

7. Menahan badan dengan perut atas

Ketika tubuh dalam posisi tiduran di atas papan, jangan merebahkan seluruh badan dengan mengangkat dada dan menumpukan berat badan pada otot perut atas. Selain lebih mudah mendayung, Anda akan terhindar dari rasa sakit.

Demikianlah 7 tips yang perlu diperhatikan bagi para surfer pemula, dan satu hal tak kalah penting ialah yakin bisa melakukan surfing yang baik, dengan tidak meragukan kemampuan diri sendiri. Ketika konsisten mencoba dan terus belajar, maka dengan sendirinya akan menjadi semakin mudah dan terbiasa melakukannya. Selamat mencoba!

TAGS : Bali Tips Surfing Pantai Bali




TERPOPULER :