Selasa, 25/06/2024 09:50 WIB

4 Air Terjun Buruan Wisatawan di Bali

Menikmati keindahan alam yang berpadu antara pohon, sungai, dan suara gemercik air merupakan impian bagi sebagian orang.

Air Terjun Sekumpul Bali (Foto: Unsplash/Aleksandra Dementeva)

Balimemo.com - Menikmati keindahan alam yang berpadu antara pohon, sungai, dan suara gemercik air merupakan impian bagi sebagian orang. Semua itu dapat kamu dapatkan dengan mengunjungi air terjun yang pesonanya tiada habisnya.

Pulau Dewata memiliki berbagai jenis air terjun yang dapat kamu pilih sebagai salah satu destinasi wisata ketika sedang berada di Bali. Bukan hanya pantainya saja yang memesona, air terjun di Bali juga memiliki daya tarik yang khas sehingga rugi jika kamu melewatkannya.

Berikut ini 4 air terjun di bali yang menjadi buruan para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara:


Air Terjun Sekumpul dikenal sebagai `Raja dari Semua Air Terjun"` di Bali. Lokasinya yang tersembunyi di hutan dan pegunungan, air terjun ini menawarkan keindahan alam yang spektakuler dengan air yang jernih dan menyejukkan.

Air terjun ini berlokasi di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Ketinggian dari Air Terjun Sekumpul mencapai sekitar 80 meter. Karena lokasinya yang dipegunungan, akses untuk menuju air terjun ini pun harus melewati hutan lebat serta sungai-sungai kecil.

Untuk menikmati air terjun ini, pengunjung akan dikenakan tarif Rp10.000 untuk wisatawan lokal dan Rp20.000 untuk wisatawan asing.

Nama Air Terjun Banyi Wana diambil dari Bahasa Bali, banyu berarti air, wana artinya hutan, dan amertha mempunyai makna anugerah. Sehingga air terjun di dalam hutan ini dianggap sebagai anugerah yang harus dijaga dengan baik.

Lokasi air terjun ini berjarak sekitar 63 kilometer dari denpasar yang dapat kamu tempuh sekitar 2 jam. Air Terjun Banyu Wana memiliki tinggi sekitar 40 meter dan berbentuk agak lebar sehingga air yang jatuh menyerupai tirai air alami.

Untuk memasuki lokasi air terjun ini kamu hanya cukup merogoh kocek Rp10.000 untuk turis lokal, sedangkan turis asing cukup membayar sebesar Rp20.000 dan dapat menikmati keindahan air terjun ini.


Air terjun Banyumala berada di dasar lembah Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Kecamatan Sukasada adalah kawasan dataran tinggi Bali Utara dengan deretan bukit-bukit yang mengelilingi.

Salah satu hal yang menarik dari Air Terjun Banyumala ialah saat berkunjung di bulan Juli sampai Agustus, kamu akan disuguhi aroma khas cengkeh dan kopi saat menuju lokasi air terjun

Untuk mencapai lokasi air terjun, kamu perlu menyusuri jalan setapak kurang lebih 2 kilometer atau sekitar 15-30 menit dari loket masuk. Tiketnya sangat ramah di kantong, yaitu hanya Rp10.000.


Air terjun yang dikelilingi oleh tanaman hijau yang rimbun merupakan spot favorit bagi para pecinta alam dan juga lokasi terbaik untuk menenangkan pikiran, semua itu dapat kamu dapatkan saat mengunjungi Air Terjun Nungnung.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dengan debit air yang cukup besar. Lokasi air terjun ini tidak jauh dari dari Jembatan Tukad Bangkung yang hanya berjarak sekitar 5 km serta 45 km dari Kota Denpasar.

TAGS : Air Terjun Bali Rekomendasi Wisata




TERPOPULER :