Selasa, 25/06/2024 09:09 WIB

Pemprov Bali: Tak Ada Lonjakan Harga Sembako saat Lebaran

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali melalui Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan Pangan), Wayan Sunada mengatakan tidak akan ada lonjakan harga bahan pokok saat lebaran nanti.

Ilustrasi pasar (Foto: Unsplash/Wherda Arsianto)

Balimemo.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali melalui Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan Pangan), Wayan Sunada mengatakan tidak akan ada lonjakan harga bahan pokok saat lebaran nanti.

"Tidak ada lonjakan, sudah kita antisipasi, beras cukup, bawang merah cukup, cabai juga, apalagi Maret dan April panen raya, saya pastikan tiga bulan ke depan, beras kita cukup," kata kepala Distan Pangan, Wayan Sunada, di Denpasar, pada Senin (1/4).

Wayan Sunada menambahkan, Komoditas pangan yang sebelumnya dikhawatirkan naik adalah beras, lantaran harganya yang terus naik. namun kini lonjakan harga beras tersebut dapat ditekan dan dikondisikan dengan harga yang stabil.

"Beras agar tidak terjadi lonjakan kita stabilkan di Rp15.000, tidak ada lagi Rp15.000-Rp17.000," imbuh dia.

Stabilisasi harga ini juga diharapkan mampu memberikan solusi ditengah naiknya harga beras di pasaran. Dengan demikian hal ini dapat memberikan harga terbaik bagi para petani.

"Disetarakan agar petani juga menikmati hasil bertani, kita tidak ingin petani kita mendapat harga kurang bagus," jelas Wayan Sunada.

Distan Pangan Bali, Wayan Sunada juga meyakini tidak akan lonjakan harga bahan pokok, terlebih saat ini sudah mendekati Lebaran 2024. Berdasarkan musim panen yang telah dimulai, ketersediaan sembako akan melimpah dengan harga menurun.

"Harga justru turun semuanya tidak ada lonjakan harga beras atau bawang merah, bawang putih, atau cabai yang jadi pemicu inflasi. kemarin, kita panen cabai harga jualnya Rp26.000 per kg, itu cukup kalau dibawah itu kasihan petaninya," tutup dia.

TAGS : Lebaran 2024 Distan Pangan Bahan Pokok




TERPOPULER :