Selasa, 25/06/2024 08:03 WIB

9 Perguruan Tinggi Swasta Tertua di Bali, Cek Fakultasnya

Perguruan tinggi tertua merupakan warisan penting bagi umat manusia.

Ilustrasi (Foto: Jeremy Bishop/Unsplash)

Balimemo.com - Perguruan tinggi tertua merupakan warisan penting bagi umat manusia. Perguruan tinggi yang telah beroperasi lama memberikan kontribusi besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Khususnya perguruan tinggi swasta tertua di Bali memiliki peran penting dalam pembentukan masyarakat modern.

Berikut 9 perguruan tinggi swasta tertua di Bali beserta daftar fakultasnya:

1. Universitas Mahendradatta

Perguruan tinggi swasta ini berlokasi di Denpasar dan berdiri sejak 17 Januari 1963. Universitas Mahendradatta merupakan perguruan tinggi swasta pertama dan tertua di Bali bahkan salah satu yang tertua di wilayah Indonesia Timur. Universitas Mahendradatta menyelenggarakan beberapa fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) program studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Hukum (HK) program studi Ilmu Hukum, Fakultas Teknik (FK) program studi teknik Industri dan Fakultas Ekonomi (FE) program Studi Manajemen.

2. Universitas Ngurah Rai (UNR)

Universitas Ngurah Rai didirikan oleh Yayasan Jagadhita pada 23 Mei 1979. Meski telah lama beroperasi, UNR selalu memperbarui metode pembelajarannya dengan mengikuti perkembangan terkini di dunia pendidikan. UNR juga memiliki relasi kerja sama dengan Konsulat Jenderal India dalam mengadakan seminar internasional untuk memperingati Hari Anti Teroris Dunia. Universitas ini terdiri dari empat Fakultas, yakni Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Sains dan Teknologi, Ilmu Sosial dan Humaniora serta Program Pascasarjana.

3. Universitas Mahasaraswati Denpasar (Unmas)

Universitas Mahasaraswati Denpasar merupakan perguruan tinggi swasta yang dikelola oleh Yayasan Perguruan Rakyat Saraswati Denpasar. Unmas berdiri pada tahun 1963 dengan nama IKIP Saraswati kemudian berubah menjadi Universitas Mahasaraswati Denpasar. Unmas memiliki tujuh fakultas yaitu Kedokteran, Bahasa Asing, Ekonomi & Bisnis, Farmasi, Hukum, Kedokteran Gigi, Keguruan & Ilmu Pendidikan, Pertanian & Bisnis, dan Teknik.

4. Universitas Dwijendra (UNDWI)

Universitas Dwijendra merupakan perguruan tinggi swasta yang berada di bawah naungan Yayasan Dwijendra Denpasar. Kelahiran Universitas Dwijendra berawal dari Sekolah Tinggi Arsitektur Tradisional Bali, kemudian pada tanggal 28 Juli 1982 resmi menjadi Universitas Dwijendra. UNDWI memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Hukum (FH), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Teknik (FT), Ilmu Komunikasi (IKOM), Fakultas Pertanian (FP).

5. Universitas Hindu Indonesia (UNHI)

Kampus satu ini merupakan perguruan tinggi swasta yang terletak di Denpasar, berdiri sejak 3 Oktober 1963 dan merupakan salah satu perguruan tinggi swasta tertua di Bali. Pada awal berdirinya hanya mengasuh dua fakultas, yakni Agama dan Kebudayaan serta Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Biologi. Saat ini UNHI memiliki tujuh fakultas, yaitu Teknologi Informasi & Sains, Teknik, Hukum, Ekonomi Bisnis & Pariwisata, Kesehatan, Ilmu Agama Seni dan Budaya, dan Pendidikan.

6. Universitas Panji Sakti (UNIPAS)

Perguruan tinggi swasta ini terletak di Singaraja, Kabupaten Buleleng. Universitas ini berdiri pada tanggal 4 September 1985. UNIPAS pada awalnya memiliki lima fakultas dengan tujuh jurusan dan delapan program studi, yaitu Fakultas Pertanian Jurusan/Program Studi Budi Daya Pertanian, Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Program Studi Manajemen Perusahaan, Fakultas Hukum Jurusan/Program Studi llmu Hukum, Fakultas llmu Sosial dan llmu Politik Jurusan Ilmu Administrasi Program Studi Administrasi Negara, dan Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan.

7. Universitas Pendidikan Nasional (UNDIKNAS)

Universitas swasta yang terletak di Denpasar ini didirikan pada tanggal 17 Februari 1969. Undiknas memiliki empat fakultas, di antaranya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Program Studi Manajemen, Akuntansi dan Destinasi Pariwisata), Fakultas Hukum (Program Studi Ilmu Hukum), Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (Program Studi Ilmu Komunikasi, dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara), Fakultas Teknik dan Informatika (Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Teknik Elektro, dan Program Studi Teknologi Informasi).

8. Universitas Tabanan (Untab)

Perguruan tinggi swasta ini terletak di Tabanan yang berdiri sejak 18 Mei 1982. Untab memiliki dua fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum (FH). Beberapa program studi Untab yakni D3 Akuntansi, D3 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Manajemen, S1 Ilmu Hukum. Universitas ini juga telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

9. Universitas Warmadewa (Unwar)

Universitas Warmadewa merupakan salah satu Perguruan Tinggi di Denpasar. Universitas Warmadewa resmi didirikan pada tanggal 17 Juli 1984. Rektor pertama universitas ini yaitu Prof.Dr.I Gusti Agung Gde Puthra yang ditetapkan tanggal 15 Agustus 1984. Unwar memiliki tujuh fakultas yaitu Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Pertanian, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Sastra, Teknik dan perencanaan.

TAGS : Perguruan tinggi Universitas swasta Kampus tertua




TERPOPULER :