Selasa, 25/06/2024 09:38 WIB

17 Juara Karate O2SN Berlaga dalam Ajang MIKO di Portugal

17 Juara Karate Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dari jenjang SD, SMP, dan SMA menjalani laga dalam ajang Maia International Karate Open (MIKO) di Portugal

Delegasi Karate Indonesia dalam ajang MIKO di Portugal (Foto: Ist)

Balimemo.com - 17 Juara Karate Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dari jenjang SD, SMP, dan SMA menjalani laga dalam ajang Maia International Karate Open (MIKO) di Portugal yang dilaksanakan pada pekan lalu.

Kegiatan ini merupakan upaya memberikan luang pengalaman dan tindak lanjut dari ajang talenta O2SN uang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puspresnas.

"Semoga anak-anak bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya dan mendapatkan hasil yang terbaik. Pulang membawa medali emas untuk Indonesia," kata Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), Maria Veronica Irene Herdijiono.

Sebelum berangkat, para siswa telah mengikuti dua kali pembinaan yang berlangsung pada tanggal 2 sampai 10 November 2023 dan 24 sampai 30 November 2023 di Jakarta. Para atlet mendapatkan pembinaan oleh tim dari Pengurus Besar Forum Karate-do Indonesia (PB FORKI) bekerja sama dengan Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek.

“Selama 3 Tahun Tim Karate Pelajar Indonesia tidak bisa mengikuti Turnamen Karate Internasional disebabkan wabah Covid-19. Saat ini adalah saat yang tepat bagi Juara O2SN Tahun 2023 untuk meraih juara di Turnamen Karate Internasional Maia International Karate Open 2023,” tutur salah satu pembina Yoyo Satrio Purnomo dari PB FORKI.

Dalam ajang ini, Tim Indonesia akan bersaing dengan 791 peserta dari 93 tim yang berasal dari negara-negara kuat pada cabang olahraga karate seperti Perancis, Brazil, Jerman, Spanyol, Maroko, Hungaria, dan tuan rumah Portugal, serta negara lainnya.

Maia International Karate Open (MIKO) merupakan ajang karate internasional yang rutin diadakan setiap tahun. Awalnya, ajang ini dikenal dengan nama Tournament 25th of April yang diadakan oleh klub karate Maia dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Portugal.

Keikutsertaan negara-negara lain dalam MIKO menjadikan ajang ini bukan lagi ajang nasional dan membuat penyelenggara memutuskan untuk mengubah nama ajang menjadi Maia International Karate Open.

TAGS : Bali Kemdikbudristek O2SN Portugal Karate




TERPOPULER :