Jum'at, 26/07/2024 02:56 WIB

Kerja Sama Bali-Lampung, Tingkatkan Perekonomian dan Investasi

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali dan Pemprov Lampung menyepakati kerja sama di sejumlah bidang yang akan sangat menguntungkan bagi kedua daerah

Bali dan Lampung menyepakati kerja sama di berbagai bidang (Foto: Pemprov Bali)

Balimemo.com - Dalam rangka meningkatkan perekonomian dan investasi di dua daerah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali dan Pemprov Lampung menyepakati kerja sama di sejumlah bidang. Penandatanganan kerja sama ini dilakukan di Lampung Investment Summit, di Badung, Bali, pada Senin (6/11) kemarin.

Penjabat (PJ) Gubernur Bali, Mahendra Jaya mengatakan, Setiap daerah memiliki keunggulan dan potensinya masing-masing yang akan lebih tereksplorasi jika adanya kerja sama secara intensif dijalankan. Maka, dengan acara ini dapat menjadi tren positif dalam peningkatan investasi dan perekonomian di kedua daerah

“Kerja sama ini akan memperkuat komitmen, karya nyata memajukan daerah transfer informasi dan inovasi meningkatkan kemajuan dan pembangunan di dua provinsi,” kata Mahendra Jaya.

Pj Gubernur Bali, Mahendra jaya menambahkan, di tengah ketidakpastian ekonomi global dengan serangkaian peristiwa seperti kenaikan suku bunga di Amerika, penarikan investasi di negara berkembang, perang Rusia-Ukraina hingga yang teranyar konflik Hamas-Israel menjadikan kerja sama antar daerah punya peran vital.

“Karena itu, penting sekali adanya keberlanjutan investasi dan keberlanjutan pangan melalui kerja sama antardaerah,” imbuh dia.

Lebih lanjut, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, kerja sama antara Bali dan Lampug bukan hanya sebatas peningkatan antar produk, melainkan juga peningkatan kerja sama dalam segmen pariwisata. Bali sudah menjadi destinasi wisata yang sangat terkenal baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, itu merupakan suatu hal yang luar biasa.

“Kita juga punya banyak potensi untuk pariwisata di Lampung namun belum ‘sepandai’ Bali untuk mengelola pariwisata, kata Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi.

“Saya ingin belajar kepada pak Gubernur Bali dan masyarakat Bali bagaimana untuk mengembangkan pariwisata,” imbuh dia.

Kerja sama yang terbangun antara kedua daerah, menurut Arinal, akan sangat menguntungkan mengingat Lampung dikenal sebagai produsen terutama penghasil bahan-bahan pangan dan Bali sangat terkenal sebagai pembuka pintu pasar internasional.

“Jadi kita bekerja sama dengan saling menguntungkan, Bali silakan jadi pasar dan pembuka pintu untuk investor dan yang penting dunia tahu bagaimana potensi besar yang dimiliki Indonesia,” ujar Arinal Djunaidi.

Perjanjian kerja sama antara Bali dan Lampung juga menyasar bidang peternakan, kesehatan, hewan, serta kerja sama pengembangan potensi laut dan perikanan. Selain itu pengembangan koperasi, usaha kecil dan menengah serta perjanjian kerjasama di bidang peningkatan dan pengembangan pariwisata dan ekonomi Kreatif ,peningkatan dan pengembangan sektor industri dan perdagangan menjadi prioritas dalam kerja sama ini.

TAGS : Bali Ekonomi Kerja Sama Lampung Investasi




TERPOPULER :